Kanker Payudara

Kanker Payudara - Sebelumnya kita sudah membahas mengenai kanker serviks, kali ini info kesehatan akan membahas mengenai Kanker payudara, dimana kanker jenis ini umumnya terjadi pada kaum wanita . Meski laki - laki juga bisa terkenan namun sangat kecil kemungkinannya. Pengobatan yang dilakukan untuk kanker payudara ini adalah dengan pembedahan, dilanjutkan dengan kemoterapi maupun radiasi.

Adapun gejala dan ciri - ciri kanker payudara adalah sebagai berikut:

  1. Benjolan kecil pada payudara, benjolan ini biasanya tidak nyeri dan ukuranya kecil. tapi lama - lama membesar dan menempel pada kulit serta menimbulkan perubahan warna pada puting dan atau payudara.
  2. Eksema atau erosi pada puting, kulit atau puting tertarik kedalam (retraksi), warna pink atau kecoklatan sampai menjadi oedema yang menyebabkan menjadi seperti kulit jeruk, mengkeruk dan menjadi borok. Borok membesar dan mendalam hingga bisa merusak payudara, busuk dan berdarah.
  3. Nipple dischar atau keluarnya cairan. Keluarnya cairan yang tidak wajar dan spontan dari puting atau yang disebut dengan nipple discharge. Cairan ini tidak normal karena cairan ini hanya keluar pada ibu hamin yang sedang menyusui atau yang memakai pil kontrasepsi.

Ciri - Ciri Kanker Payudara

  1.  Terjadi pendarahan pada puting
  2. Sakit / nyeri bila tumor sudah besar dan timbul borok
  3. Timbul pembesaran pada ketiak yaitu kelenjar getah bening
  4. Terjadi pembengkakan pada lengan
  5. Terjadi penyebaran kanker keseluruh tubuh
  6. Kanker payudara tingkat lanjut sangat mudah dikenali yaitu adanya pada kulit payudara yang cukup luas, serta ada nodul satelit.
  7. Adanya edema pada lengan
  8. Metastase jauh
  9. Terjadi ulserasi kulit
  10. Edema kulit
  11. Kulit terfiksasi
  12. Adanya kelenjar getah bening aksila

Penyebab Terjadinya Kanker Payudara di sebabkan oleh dua faktor yaitu:

Faktor Resiko

  1. Faktor reproduksi, terjadi nuripalitas, manarche pada wanita berusia muda, terjadi monopause dan kehamilan pertama pada wanita usia tua
  2. Penggunaan hormon, Harvard School Of Public Health melaporkan bahwa terdapat para pengguna terapi estrogen replacement mengalami peningkatan terjadinya kanker payudara
  3. memiliki penyakit fibrokistik
  4. obesitas atau kegemukan
  5. konsumsi lemak
  6. Radiasi ionisasi yang terjadi selama atau sesudah pubertas dapat meningkatkan terjadinya resiko kanker payudara.

Faktor Genetik

Selain faktor diatas kanker payudara juga bisa disebabkan oleh faktor genetik atau faktor keturunan yaitu adanya mutasi pada beberapa gen yang dapat memicu terjadinya kanker payudara yaitu gen yang bersifat onkogen dan gen yang bersifar mensupresi tumor. Diantaranya adalah gen BRCA2 dan BRCA1.

Itulah tadi beberapa faktor terjadinya kanker payudara, maka kita harus waspada dengan penyakit ini dan senangtiasa hidup secara sehat. Tentang Manfaat air kelapa bisa anda dapatkan infonya juga di blog ini.

obat herbal kanker yang memiliki efek memperlambat kanker 10.000 kali