Rabu, 20 Juni 2012

Mengatasi Angin Duduk

Penyakit angin duduk atau biasa kita sebut penyakit sidrom jantung kroner akut terjadinya karena adanya penyempitan yang di akibatkan timbunan lemak dalam pembuluh darah disebabkan konsumsi kolesterol terlalu tinggi. Kemudian penyempitan terjadi juga karena adanya sumbatan oleh sel beku darah atau penyempitan yang terjadi karena mengalami kejang-kejang terus menerus. Penyempitan juga bisa terjadi karena adanya infeksi pada pembuluh darah dan kurangnya oksigen masuk kedalam jantung.

Angin duduk termasuk penyakit sangat berbahaya, hanya dalam waktu 15 menit sampai 30 menit orang yang terserang penyakit angin duduk bisa meninggal. Oleh karena itu kita harus waspada dengan penyakit angin duduk, karena pada awalnya penderita akan terlihat sehat-sehat. Serangan angin duduk selalu datang secara tiba-tiba dan penderita akan meninggal paling lama 15 menit setelah merasakan rasa nyeri di dada.

Solusi untuk menangani angin duduk yaitu dengan memberikan obat anti platelet (sel pembeku darah) dan anti koagulan. Atau, obat utk mengantisipasi ketidak seimbangan supplai oksigen dan kebutuhan oksigen. Misalnya nitrat, betabloker, dan kalsium antagonis. Oleh karena itu disarankan untuk selalu membawa obat anti platelet. Obat anti platelet banyak didapatkan di apotek, ini berguna sebagai pertolongan pertama jika terjadi rasa sakit atau nyeri di dada yang berguna melonggarkan kembali pembuluh darah yg tersumbat oleh thrombosit atau platelet (sel pembeku darah).


Jika terjadi rasa nyeri di dada, sebaiknya untuk tidak melakukan aktifitas fisik apapun termasuk berhubungan sama istri. Segeralah untuk pergi kerumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Jangan dibiarkan sampai melewati batas 15 menit.

Bisa juga sedia pil CEDOCARD, murah harganya, sediakan sekitar 2-6 butir, selipkan di dompet, dibawa kemana pun pergi. Cara pake nya jangan ditelan, tapi dimasuk kan ke bawah lidah, dibiarkan mencair dibawah lidah. Cara kerjanya: Pil cedocard akan mencair jadi larutan yg mudah diserap pembuluh darah dibawah lidah, berfungsi menimbulkan pelebaran pembuluh darah di kepala, terutama kearah otak, sehingga otak tetap mendapat supply darah dan oksigen yg cukup, jika jantung mengalami gangguan. Sementara itu selekasnya penderita di bawa ke RS Gawat Darurat utk mendapat pertolongan lebih lanjut.

Menjauhkan diri dari stress, juga bisa mencegah kita dari penyakit jantung koroner (angin duduk), Pasalnya, dalam keadaan stress kinerja tubuh serta otak dipaksa untuk bekerja secara berlebihan, Hasilnya, kondisi tubuh selalu dalam keadaan letih dan porsi istirahat berkurang. "Kurangnya istirahat dapat mengakibatkan pengentalan darah, yang dapat meningkatkan hormon adrenalin, akibatnya bisa ditebak serangan jantung lebih gampang terjadi"

Orang yang emosi-an juga perlu diperhatikan. Pasalnya, dalam marah-marah (Otak panas, napas memburu, jantungpun berdebar keras, kadang samapi tubuh bergetar, darah bergerak cepat), jika kondisi darah bergerak cepat, sedangkan ada penyumbatan di pembuluh darah, bisa dibayangkan darah akan berkumpul disuatu tempat (pembuluh darah) dan karena tidak kuat menampung banyaknya darah yang datang pembuluh yang halus itupun pecah dan sudah bisa ditebak orang itupun akan koleps atau bisa merengang nyawa.

Demikianlah beberapa cara yang praktis untuk menangani angin duduk. Info kesehatan tentang Bahaya maag kronis bisa anda lihat disini.