Cara Mengobati Sariawan

Meskipun sariawan bukan penyakit serius atau berbahaya namun sering membuat kita jengkel dan mengganggu aktifitas karena sulitnya untuk makan dan berbicara. Tapi semua itu dapat di obati dengan berbagai macam cara. Nah kalau sebelumnya  info kesehatan memberikan info tentang Kanker Serviks, kali ini akan membahas tentang cara mengobati sariawan.

Sariawan atau biasa disebut stomatitis merupakan pembekakan atau peradangan yang terjadi pada lapisan mukosa mulut. Penyebab sariawan diakibatkan dari beberapa faktor seperti stress, luka di mulut, alergi makanan, siklus haid, terlalu banyak minum antibiotik atau asam. Daerah yang bisa terkena sariawan termasuk pipi, gusi, lidah, bibir serta langit-langit mulut. Selain itu sariawan juga bisa menyebabkan perdarahan, bengkak serta warna yang memerah.

Berikut ini beberapa cara untuk mengobati penyakit sariawan:
  1. Berkumur dengan menggunakan air garam, kandungan air garam dapat menarik cairan luka sariawan sehingga mempercepat proses penyembuhan, caranya campurkan air hangat dengan 3 sendok garam lalu berkumur beberapa menit.
  2. Minum yougurt, meminum yougurt dapat mencegah dan mempercepat penyembuhan sariawan karena yougurt membantu keseimbagan bakteri di mulut. Untuk hasil yang terbaik pilih yougurt yang mengandung acidophilus hidup.
  3. Dengan menggunakan obat tradisional caranya dengan membilas langsung mulut dengan salah satu obat tradisional seperti lidah buaya, ekstrak biji anggur, peroksida hidrogen, jus plum, tea tree oil dan air hangat dengan garam.
  4. Dengan menggunakan bawang dan pepaya dengan cara mengoleskan langsung tepat pada luka sariawan dan ini akan mempercepat proses penyembuhan.
  5. Menggunakan baking soda caranya baking soda dicampur dengan air lalu dipakai untuk berkumur. Baking soda akan membantu menghilangkan bakteri dalam mulut dan mengurangi rasa sakit.
  6. Minum vitamin, sariawan terjadi karena kurangnya vitamin B, Vitamin C, zat besi dan asam folat, maka konsumsilah vitamin-vitamin tersebut karena dapat mempercepat proses penyembuhan.
Jika cara diatas sudah dilakukan namun belum menunjukkan perubahan pada sariawan, maka segeralah untuk memeriksakan kedokter, karena kemungkinan ada tanda-tanda serius yang perlu untuk ditangani.

Demikianlah beberapa cara mengobati sariawan semoga memberikan manfaat bagi yang membacanya. Terima kasih. Kemudian info mengenai kanker serviks bisa anda dapatkan diblog ini juga.