Sabtu, 23 Juni 2012

Gejala Kanker Otak dan Cara Mencegahnya

Kanker otak merupakan salah satu penyakit yang mematikan dan berbahaya. Kanker otak menyerang otak pada bagian luarnya yakni tiga bagian lapis selaput otak dan bagian tulang tengkorak. Pada dasarnya kanker yang menyerang bagian tersebut umumnya kanker/tumor jinak. Namun bagian yang diserang adalah otak, maka ini sangat berbahaya. Karena dapat merusak dan mengganggu fungsi struktur susunan saraf pusat yang terletak didalam rongga tengkorak. Dengan berkembangnya tumor tersebut maka jaringan otak akan semakin tertekan. Dan perlu diketahui volume rongga tengkorak sangat terbatas sehingga menyebabkan rasa sakit dikepala atau pusing. Jika itu memang dirasakan, maka kemungkinan merupakan gejala awal dari kanker otak.

Berikut ini beberapa gejala dari kanker otak yang perlu kita ketahui:
- Sakit kepala yang disertai dengan mual dan sering muntah.
- Kemampuan penglihatan semakin menurun.
- Perubahan perilaku atau penurunan kesadaran
- Adanya gangguan pada saat berbicara
- Adanya gangguan pada pendengaran
- Gangguan keseimbangan tubuh
- Gangguan pada saraf
- Anggota gerak melemah atau kejang
- Timbulnya ubun-ubun yang menonjal dan besar pada bayi

Dari point diatas merupakan gejala dari kanker otak, walaupun gejala-gejala tersebut pernah kita alami belum tentu anda terkena penyakit kanker otak. Tapi alangkah baiknya anda memeriksakan diri langsung pada dokter ahli saraf guna memastikan apakah anda betul-betul terkena penyakit kanker otak atau tidak.

Penyebab kanker otak pada umumnya terbagi atas dua faktor yakni:

Faktor dari dalam

Maksudnya faktor yang datang dari dalam diri sendiri atau faktor dari keturunan. Apabila ada salah satu sanak saudara anda yang punya riwayat penderita kanker otak, maka kemungkinan juga anda juga bisa terkena penyakit kanker otak. Kemudian sebab terjadinya kanker otak juga dikarenakan benturan kepala yang pernah dialami si penderita, sehingga benturan ini menyebabkan perasaan trauma pada jaringan otak dan penyebab tumbuhnya jaringan abnormal pada otak yang kemudian berkembang menjadi kanker otak.

Faktor dari luar

Faktor yang disebabkan dari makanan dan radiasi. Kemudian pengaruh obat-obatan tertentu yang sering diminum terus menerus. Merokok, makananan yang berlemak dan sebagainya juga merupakan faktor dari kanker otak. Bahan karsiogenik: minyak goreng yang dipakai berulang-ulang, bahan kimia yang termakan
Radiasi: paparan radiasi dalam gelombang tertentu dapat memicu berkembangnya sel kanker.

Tindakan harus kita lakukan untuk mencegah terjadinya kanker otak adalah:

Menghindari penggunaan bahan kimia

Bahan kimia dan paparan radiasi kimia berpotensi besar terhadap kerusakan otak seseorang, sehingga Anda disarankan untuk menghindari prosedur yang berkaitan dengan bahan kimia. Bahan kimia yang akrab dengan kehidupan Anda sehari-hari adalah vinil klorida yang digunakan dalam plastik, formalin yang digunakan sebagai pengawet, dan acrylontrile digunakan dalam industri tekstil. Pancaran radiasi dari reaktor nuklir juga dapat menyebabkan kanker otak. Orang yang pekerjaannya mengharuskan untuk berinteraksi dengan bahan kimia dan nuklir, harus rutin melakukan pengujian terhadap kanker otak ke dokter.

Makan makanan anti kanker

Bawang putih dan makanan yang mengandung asam lemak omega 3 membantu dalam pencegahan kanker otak. Bawang putih mengandung substansi anti kanker yang dapat membantu mengontrol kecenderungan kenker dalam sel-sel tubuh Anda. Sumber asam lemak omega 3 diantaranya adalah kenari dan minyak biji rami. Ini membantu tubuh dalam meningkatkan kekebalan dan kemampuan untuk melawan kanker.

Hindari rokok dan alkohol

Salah satu penyebab utama semua jenis kanker adalah kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok dan konsumsi alkohol.  Kanker dapat menyebar ke setiap bagian tubuh, misalnya kanker paru-paru juga dapat menyebar ke otak dan mengakibatkan kanker otak. Jadi, hindari kebiasaan merokok dan minum untuk menghentikan pertumbuhan kanker otak dalam tubuh Anda.

Penggunaan ponsel

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa frekuensi penggunaan ponsel yang terlalu lama juga dapat menyebabkan kanker otak. Sehingga, Anda disarankan untuk tidak menerima telepon melalui ponsel selama lebih dari 15 menit tanpa headphone untuk menurunkan risiko kanker otak.

Itulah tadi beberapa point diatas dalam mencegah terjadinya kanker otak. Semoga info yang kami berikan memberikan manfaat bagi kita semua. Pembahasan untuk info tentang maag kronis silahkan lihat disini.

obat herbal kanker yang memiliki efek memperlambat kanker 10.000 kali