Penyebab Batuk Berdahak dan Pengobatannya

Batuk adalah reaksi refleks yang terjadi akibat stimulasi saraf-saraf di lapisan dalam saluran pernapasan.  Ini biasanya terjadi karena penyumbatan pada saluran pernafasan dengan menghirup partikel debu di udara atau ketika sepotong makanan turun ke bagian yang salah.  Dahak atau lendir adalah jelly tebal seperti cairan warna yang berbeda batuk dari tenggorokan. Namun, lendir merupakan bagian dari respons alami kekebalan tubuh kita yang membantu dalam menghilangkan penyerbu dari tubuh kita.  Ketika lendir dikeluarkan dari tubuh melalui batuk atau bersin, sering penyerbu juga akan dikeluarkan dengan itu.

Dalam dahak warna aslinya adalah putih.  Lendir atau kuning muncul selama tahap awal dari penyakit atau jika kondisi ringan, ketika tubuh mencoba untuk membersihkan penyerbu.  Lendir kuning terlihat pada kasus infeksi bakteri, infeksi saluran pernapasan bawah, sinusitis, dingin, atau flu.  Batuk berdahak hijau adalah tanda kondisi serius dalam banyak kasus, karena menunjuk pada pneumonia, tbc, dll. Tapi batuk berdahak dengan darah menunjukkan bahwa ada kemacetan parah di bagian pernapasan atau kerusakan kecil pada jaringan sinus dan rongga hidung, maka, pasien memerlukan perhatian medis segera.

Penyebab Batuk Lendir dan dahak 

Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai penyebab adalah sebagai berikut:

  • Umum dingin, sering menjadi penyebab batuk akut dahak di pagi hari dan dahak di tenggorokan.
  • Karena iritasi alergi, seperti, debu, bulu hewan peliharaan, asap kimia, dll.
  • Penyakit parah, seperti, pneumonia, asma, gagal jantung akut, atau emboli paru (bekuan di pembuluh darah paru-paru) dapat menyebabkan batuk dahak selama 3 minggu.
  • Merokok menyebabkan batuk dahak yang berwarna hijau berkarat coklat kuning bernoda darah atau berbau busuk.
  • Gastro-esophageal reflux atau bakteri atau virus infeksi di paru-paru, seperti, bronkitis akut, batuk rejan, batuk pada anak.

Pengobatan untuk Batuk Lendir dan dahak
Solusi alami untuk batuk lendir telah digunakan selama berabad-abad, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:
  • Menghirup uap dari bak air mendidih atau memilih mandi air panas (hangat) membantu dalam melonggarkan lendir di hidung tenggorokan.
  • Minum banyak air atau setidaknya tujuh atau delapan gelas air sehari-hari mengendur dahak.  Sejauh mungkin, yang terbaik untuk mengkonsumsi air panas/hangat untuk bantuan lebih cepat dari dahak.
  • Produk susu, daging atau gorengan menyebabkan peningkatan produksi lendir di dalam tubuh oleh karena itu harus dihindari.
  • Menggunakan humidifier atau vaporizer kabut dingin di malam hari terutama di musim dingin mengendurkan dahak di tenggorokan.  Menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih untuk vaporizer juga membantu dalam mengurangi kongesti dada.
  • Berhenti merokok karena memperburuk kondisi pernapasan. 
  • Berkumur dengan air garam dengan atau tanpa kunyit akan membantu dalam menenangkan saluran udara serta tenggorokan. 

Batuk berdahak juga dapat diobati dengan minum teh hijau lemon atau sup ayam karena membantu dalam pengencer lendir dan menghilangkan kemacetan pernapasan. Demikianlah info mengenai batuk berdahak, kemudian info mengenai manfaat pisang untuk kecantikan bisa lihat infonya di blog ini juga.