Cara Menghilangkan Bau Mulut

Bagaimana rasanya jika kita mengalami yang namanya bau mulut? Mungkin anda akan kurang percaya diri saat berbicara sama orang, dan kadang kita tersinggung ketika orang yang anda ajak bicara menutup hidungnya dan berpikir dalam benak kita apakah ini pengaruh bau mulut saya? Hal ini sering terjadi pada diri kita dan membuat kita tidak percaya diri karena diakibatkan bau mulut.

Apalagi pada saat anda berpuasa dimana produksi silva akan berkurang sehingga bakteri berkembang biak dengan cepat akibatnya akan muncul bau tidak sedap pada mulut. Beda halnya pada saat anda makan maka mulut akan memproduksi silva. Bau mulut disebabkan adanya bakteri yang mengubah sisa-sisa makanan menjadi gas sulfur. Penyebab lainnya juga bisa terjadi datang dari dalam tubuh.

Info kesehatan kali ini akan memberikan beberapa tips bagaimana cara menghilangkan bau mulut. Tips ini dikutip dari beberapa dokter gigi yang dipaparkan diberbagai forum.

  1. Hal pertama adalah senangtiasa menjaga kesehatan mulut dengan cara menggosok gigi secara rutin pada pagi hari atau habis sahur dan sebelum tidur. Pada saat menggosok gigi usahakan untuk menggosok bagian langit-langit mulut kita dan juga lidah, karena biasanya sisa-sisa makanan biasa nempel dibagian-bagian tersebut.
  2. Usahakan untuk hindari makanan yang berbau/menyengat seperti bawang, durian, atau petai.
  3. Perbanyaklah minum air putih berguna untuk menjaga keseimbangan air dalam tubuh.
  4. Mengkonsumsi makanan probiotik, berguna mencegah bau mulut dan membantu kesehatan pencernaan.
  5. Sebaiknya menghindari alkohol dan rokok karena hal tidak ada gunanya, semuanya itu dapat memicu terjadinya periodontitis dan gingivitis yang memperburuk kebersihan mulut. Selain itu, alkohol dapat mengurangi produksi air liur yang mengakibatkan semakin cepatnya perkembangan bakteri.
  6. Senangtiasa mengkonsumsi buah dan sayuran seperti apel, wortel, bengkuang. Pada saat anda berbuka disarankan untuk mengkonsumsi buah.
  7. Bahan-bahan seperti ketumbar, mint, tarragon, kayu putih, rosemary dan kapulaga dapat menangkal dan memerangi bau mulut.
  8. Konsumsi keju dapat memerangi bakteri dalam mulut kita, karena keju kaya akan kalsium, rendah karbohidrat, dan mengandung fosfat sehingga bermanfaat untuk meningkatkan produksi air liur, dan mengurangi pertumbuhan karang gigi.
  9. Konsumsi vitamin C juga dapat mengatasi bau mulut, karena dapat vitamin C dapat menciptakan lingkungan yang tidak ramah bagi pertumbuhan bakteri. Dapatkan vitamin C dari buah dan makanan lain, jangan dari suplemen, karena itu hanya justru memperparah bau mulut.
  10. Dan yang terakhir, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan obat kumur.

Beberapa tips diatas mungkin bisa membantu anda dalam menghilangkan bau mulut, sehingga kita tidak perlu merasa malu atau tidak percaya diri saat berkomunikasi sama teman maupun orang lain. Info kesehatan lainnya mengenai manfaat pisang bisa anda baca di blog ini.