Senin, 17 September 2012

Cara Memutihkan Gigi

Pada postingan yang lalu info kesehatan sempat memberikan info mengenai cara memutihkan kulit tubuh. Nah, kali ini info kesehatan akan memberikan info mengenai cara memutihkan gigi.

Salah satu yang membuat kita percaya diri adalah dengan memiliki gigi yang putih cemerlang, karena dengan memiliki gigi yang putih cemerlang kita akan terhindar dari bau mulut dan sakit gigi yang dapat mengganggu aktivitas kita sehari - hari.

Kali ini info kesehatan akan membahas mengenai Bagaimana cara memutihkan gigi, tapi sebelumnya kita terlebih dahulu membahas hal-hal apa saja yang menyebabkan gigi kita kurang putih cemerlang. Penyebab gigi kurang putih (kuning) disebabkan oleh 2 faktor yaitu faktor dari dalam dan faktor dari luar.

Faktor dari dalam yaitu:
  1. Flak
  2. Bakteri kromogenik
  3. Kerusakan protein pada permukaan gigi
  4. Obat kumur (klorheksidin)
  5. Minuman (teh, kopi dan minuman soda)
  6. Makanan (buah berry, makanan dengan zat pewarna, makanan yang berminyak)
  7. Antibiotic (eritromisin dan amoksilin)
  8. Suplemen yang mengandung zat besi

Faktor dari luar yaitu:
  1. Trauma pada gigi
  2. Gigi berlubang
  3. Bahan tambal gigi
  4. Penuaan
  5. Merokok
  6. Bahan kimia
  7. Konsumsi antibiotic minosiklin
  8. Perubahan fungsional dan parafungsional
  9. Bahan makanan yang penggunaanya dalam jangka yang lama

Berikut cara memutihkan gigi:
  1. Menghilangkan flak pada permukaan gigi melalui penyikatan gigi sebelum tidur dan sesudah makan.
  2. Menggunakan pasta gigi yang low abrasive
  3. Menggunakan bulu sikat yang lembut
  4. Rutin melakukan pemeriksaan karang gigi ke dokter gigi 

Selain cara di atas ada beberapa cara alami yang dilakukan sebagian orang untuk memutihkan gigi, yaitu:

Cara memutihkan gigi dengan strouberi 
Kandungan asam malat yang terkandung dalam strouberi, berkasiat untuk mengubah warna gigi menjadi lebih putih.  Caranya; hancurkan stouberi yang matang kemudian oleskan pada gigi biarkan selama 15 menit kemudian gosok dengan menggunakan pasta gigi. Namun jangan menggunakan terlalu sering karena kandungan asamnya dapat merusak gigi

Cara memutihkan gigi dengan kulit jeruk lemon
Kandungan vitamin yang banyak pada kulit lemon juga dapat dimanfaatkan untuk memutihkan gigi, dengan cara gosokkan kulit lemon pada gigi secara merata, biarkan beberapa saat kemudian gosok dengan pasta gigi.

Cara memutihkan gigi dengan mengkonsumsi keju 
Mengkonsumsi keju setelah makan sangat baik untuk gigi karena keju mengandung kalsium yang dapat memutihkan dan menguatkan gigi.

Cara memutihkan gigi dengan buah dan sayuran renyah 
Buah dan sayuran renyah seperti apel, pir dan wortel bekerja seperti sikat gigi alami dan pemutih gigi karena dapat mengangkat noda dan membersihkan gigi secara maksimal tanpa merusak enamel gigi. Makanlah buah dan sayuran sesudah makan besar.

Cara memutihkan gigi dengan baking soda
Baking soda memiliki sifat yang dapat menghilangkan noda pada permukaan gigi, namun baking soda dapat merusak gigi jika di gunakan terlalu sering, hal ini dilakukan menimal satu atau dua bulan sekali, berikut cara memutihkan gigi dengan baking soda yaitu sebarkan baking soda kepermukaan gigi. Diamkan selama lima hingga 10 menit, kemudian sikat gigi sampai bersih dengan pasta gigi.
Demikianlah info mengenai cara memutihkan gigi, mudah-mudahan info yang kami berikan memberi manfaat dan solusi bagi yang membacanya. Baca juga info kesehatan yang penting untuk dibaca mengenai cara mengobati sariawan.