Cara Meredakan Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan paling sering dialami setiap orang, pengaruh sakit tenggorakan sendiri terjadi akibat infeksi virus yang bersumber dari gejala flu, demam menggigil dan nyeri, debu, asap atau infeksi gusi. Dan masih banyak lagi penyebab lainnya yang dapat mengakibatkan sakit tenggorokan.

Untuk meredakan sakit tenggorokan banyak caranya tinggal kita mengaplikasikannya. Cara meredakannya dapat menggunakan bahan-bahan alami atau mengkonsumsi makanan yang bisa membantu meredakan sakit tenggorokan.

Adapun pengobatan alami yang bisa Anda coba untuk mengobati sakit tenggorokan, antara lain:

Berkumur dengan Air Garam dan Kunyit
Caranya cukup mudah, campurkan 1/2 garam dan 1/4 kunyit kedalam segelas air hangat lalu berkumurlah dengan air ramuan tersebut.

Minyak Kelapa
Minyak kelapa mempunyai khasiat bisa membunuh semua jenis organisme patogen jika dioleskan ke tubuh maupun diminum. Caranya, hangatkan 2-3 sendok makan minyak kelapa lalu pijatkan ke tubuh sekali atau dua kali sehari.

Jus Lemon tanpa Gula
Dengan meminum jus lemon tanpa gula akan meredakan rasa sakit dan iritasi pada tenggorokan. Caranya, Campurkan 2 sendok makan jus lemon (dari perasan 1/2 lemon) ke dalam segelas air hangat. Hindari penambahan gula. Minumlah 2-3 kali sehari dalam keadan perut kosong (sekitar 30-60 menit sebelum makan).

Menghindari Makanan Olahan dan Gula
Usahakan untuk menghindari makanan olahan dan gula. Gula dapat merusak atau melemahkan sistem kekebalan tubuh. Sementara itu, makanan olahan yang mengandung karbohidrat olahan, lemak trans dan bahan tambahan juga dapat berbahaya bagi kesehatan kita. Oleh karena sebaiknya untuk hindari dua hal diatas.

Jus Sayuran
Ada baiknya juga untuk mengkonsumsi atau meminum jus sayuran, karena dapat melawan penyakit dan mempercepat proses pemulihan.

Adapun jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi untuk meredakan sakit tenggorakan adalah sebagai berikut:

Buah Pisang
Pisang salah satu jenis buah yang mempunyai isi yang lembut dan cocok untuk tenggorokan. Hal ini dapat memudahkan pada saat anda menelan ketika anda menderita sakit tenggorokan. Buah pisang diperkaya vitamin, B6, kalium, dan tentu saja, vitamin C.

Sup Ayam
Mengkonsumsi sup ayam diyakini dapat meredakan sakit tenggorakan. Semangkuk sup ayam berperan sebagai antibiotik karena memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu mengurangi kemampetan dengan membatasi virus yang datang dalam kontak dengan membran lendir. Pada saat Anda ingin membuat sup ayam, untuk tidak lupa menggunakan bahan makanan yang kaya kandungan gizi seperti wortel, bawang, seledri, lobak, kentang dan bawang putih, semuanya dikenal memiliki manfaat nutrisi dan kekuatan untuk penyembuhan.

Jus Lemon dan Madu
Campuran jus lemon dan madu dapat juga meredakan sakit tenggorokan dan mengurangi peradangan. Minuman ini memberikan efek yang dapat mendinginkan tenggorokan.

Putih Telur
Siapa sangka kalau putih telur juga dapat membantu meredakan sakit tenggorokan dan peradangan. Asalkan jangan dicampur dengan bumbu lain karena akan memperburuk keadaan.

Wortel Rebus
Wortel yang mempunyai nutrisi yang tinggi dimana mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, serat dan potasium. Wortel yang direbus atau dikukus merupakan obat yang baik untuk sakit tenggorokan anda.

Itulah tadi beberapa cara bagaimana meredakan sakit tenggorokan, dan masih banyak lagi cara dalam meredakan sakit tenggorokan yang belum sempat kami sebutkan. Mudah-mudahan cara diatas cukup untuk bisa mengatasi masalah tenggorokan anda. Baca juga artikel info kesehatan lainnya mengenai cara menghilangkan bau badan.