Selasa, 16 Oktober 2012

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Tanpa Obat

Sebelumnya info kesehatan sempat membahas tentang penyebab sakit kepala, nah kali kita akan membahas bagaimana menghilangkan sakit kepala tanpa menggunakan obat.

Sakit kepala seringkali dialami setiap orang, baik muda maupun tua pasti pernah mengalami sakit kepala. Sehingga untuk menghilangkan rasa sakit kepala yang dirasakan, kita akan meminum obat pereda sakit kepala. Padahal ada cara yang lain untuk menghilangkan rasa sakit kepala tanpa perlu menggunakan obat.

Berikut ini cara menghilangkan sakit kepala tanpa obat:

  • Mendinginkan Kepala
Sebagian besar orang menemukan cara untuk menghilangkan sakit kepala dengan cara mendinginkan kepala. Jika anda mengalami sakit kepala seperti migran caranya bungkus beberapa es batu di handuk kering, lalu letakkan diatas dahi anda selama 15 menit, setelah itu lepaskan selama 15 menit. Lakukan berulang kali hingga rasa sakit mereda.

  • Menghangatkan Diri
Sakit kepala dapat juga dihentikan dengan rasa hangat, terutama yang disebabkan ketegangan otot di bagian leher dan bagian belakang kepala. Ambil sekantong air hangat lalu letakkan di leher dan bagian belakang kepala. Cara lainnya Anda bisa mandi dengan pancuran air hangat dengan membiarkan air mengalir dibagian belakang leher.

  • Pijat Kepala
Rasa sakit kepala bisa hilang bila dibantu dengan sebuah pijatan lembut. Gunakan ujung jari Anda untuk menggosok bagian belakang leher, pelipis, kulit kepala dan bahu. Untuk hasil maksimal, Anda bisa meminta bantuan seseorang untuk memijat Anda.

  • Tidur
Terkadang tidur dapat membantu mengatasi sakit kepala terutama migrain. Anda tinggal cari tempat yang dianggap tenang untuk berbaring dan matikan lampu. Manfaatkan tidur Anda dengan perasaan tenang.

  • Teknik Relaksasi
Penyebab sakit kepala yang berkepanjangan disebabkan oleh stres dan cemas. Dengan menggunakan teknik relaksasi dapat membantu menghilangkan sakit kepala Anda. Caranya adalah sebagai berikut:

- Berbarinnglah terlentang di ruang yang gelap dan tenang. Tegangkan otot-otot di kaki, setelah itu biarkan riles. Lakukan hal yang sama untuk kaki bagian bawah dan paha. Pindahkan semua cara itu ke tubuh Anda, tegangkan dan rilekskan.
- Anda duduk atau berbaring dalam posisi nyaman, setelah itu tutup mata dan bayangkan diri Anda sedang berada di lingkungan yang menenangkan, seperti padang rumput yang hangat atau pantai yang sepi. Bayangkan angin menerpa kulit Anda dan baunya di sekitar Anda. Meskipun Anda berimajinasi, tarik nafas dalam-dalam dan rasakan udara yang keluar masuk tubuh Anda.

Itulah tadi beberapa cara menghilangkan sakit kepala. Mudah-mudahan dengan cara diatas dapat membantu Anda mengatasi sakit kepala Anda. Bagi Anda yang mengalami masalah jerawat silahkan lihat langsung infonya tentang tips menghilangkan jerawat.