Senin, 22 Oktober 2012

Pentingnya Manfaat Minum Air Putih

Minum air putih sering kali diabaikan sebagian orang. Perlu Anda ketahui bahwa manfaat minum air putih memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Selain dapat menghilangkan rasa haus, juga dapat mencegah Anda makan terlalu banyak karena dengan sering minum air putih membuat Anda kenyang lebih lama, dan ini cocok bagi yang ingin melangsingkan badan khususnya para wanita yang ingin tubuhnya tampil langsing. Manfaat minum air putih lainnya yaitu dapat membuat kulit akan lebih halus disebabkan adanya ketersediaan cairan dalam tubuh.

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat minum air putih yang tidak kita ketahui. Yang jelasnya dengan minum air putih memberikan efek yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, tidak ada alasan lagi untuk tidak mengkonsumsi air putih. Minumlah air putih secara kontinyu tiap harinya 2 liter atau bisa juga lebih, itu akan membantu kelancaran metabolisme tubuh.

Berikut beberapa manfaat pentingnya minum air putih

Dapat Meningkatkan Ketajaman Otak 
Berdasarkan hasil penelitian bahwa jika terjadi dehidrasi satu persen saja dari berat badan Anda, itu sudah bisa mengurangi fungsi-fungsi berpikir Anda. Otak sangat membutuhkan begitu banyak oksigen supaya otak tersebut dapat berfungsi pada tingkat optimal. Maka dengan itu, dengan minum banyak air putih membantu terpenuhinya kebutuhan pada otak. Bahkan dengan minum 8-10 cangkir air putih tiap harinya dapat memperbaiki tingkat performa kognitif sebanyak 30 persen.

Dapat Melindungi Jantung 
Minum air putih lebih dari lima gelas sehari diperkirakan dapat menurunkan serangan jantung hingga 41 persen jika dibandingkan dengan mereka yang hanya minum kurang dari dua gelas air putih tiap hari. Ada lagi, mereka yang sering minum air putih tiap hari minimal 5 gelas akan dapat membantu mengurangi resiko terjadinya kanker. Karena cairan dalam tubuh dapat mengurangi resiko kanker usus 45 persen, kanker kandung kemih 50 persen, dan juga mengurangi resiko terjadinya kanker payudara.

Dapat Mencegah Sakit Kepala 
Bagi Anda yang sering mengalami sakit kepala atau migrain cobalah untuk manfaatkan dengan minum air putih. Menurut hasil penelitian, minum air putih tujuh gelas tiap hari dapat meredakan sakit kepala. Pada saat Anda ingin minum obat ada baiknya untuk minum air putih terlebih dahulu karena akan membantu mengurangi rasa sakit kepala Anda. Dari hasil uji coba mereka yang minum 1,5 liter air sakit kepalanya berkurang 21 jam, demikian pula dengan intensitas rasa sakitnya.

Membuat Anda tetap waspada. 
Dehidrasi adalah penyebab utama rasa lelah yang terjadi sepanjang hari. Jika rasa letih yang Anda rasakan lebih seperti dorongan kuat untuk tidur siang, coba minum segelas air. Minum cukup air putih akan membuat Anda bekerja lebih baik, paling tidak bisa mencegah Anda merasa sulit konsentrasi. Perlu Anda tahu, tingkat dehidrasi sebesar dua persen bisa memicu masalah memori jangka pendek. Anda juga akan mengalami kesulitan berfokus pada apa yang sedang Anda baca di layar komputer.

Demikianlah tadi info mengenai manfaat minum air putih yang ternyata apabila kita senangtiasa mengkonsumsi air putih tiap harinya dengan takaran yang telah dijelaskan diatas akan dapat mengurangi resiko berbagai penyakit. Bagi yang anda mengalami masalah jerawat, silahkan baca tips cara menghilangkan jerawat, terima kasih.