Senin, 15 Oktober 2012

Manfaat Tidur Siang

Info kesehatan kali ini mengenai Manfaat tidur siang. Tidur adalah proses normal dimana tubuh manusia beristirahat, namun disaat tidur kegiatan bernafas, pengaturan suhu tubuh dan mekanisme otot tetap berfungsi. Kualitas tidur yang baik adalah cukup waktu. Tidak terlalu lama dan tidak terlalu sebentar. Untuk usia pra sekolah waktu yang dibutuhkan ketika tidur siang sekitar 1,5-2 jam. Untuk batita sekitar 2-3 jam. Kebutuhan tidur siang berbeda-beda pada setiap tingkatan usia. Semakin bertambah usianya, maka kebutuhanya akan tidur siang semakin berkurang hingga memasuki usia 7 tahun.

Hasil penelitian mengatakan tidur siang terbukti dapat menajamkan ingatan, namun perlu kita ketahui bahwa tidur siang memiliki tingkat kualitas masing-masing. Berikut petunjuk tentang kualitas dan manfaat tidur siang.

  1. Tidur siang selama 10 menit Tidur siang selama 10 menit secara langsung menghilangkan ketakutan dan meningkatkan kerja otak setidaknya selama 2,5 jam. Sementara kalau hanya 5 menit peruma saja. 
  2. Tidur siang selama 20 menit Tidur siang selama 20 menit akan menambah reaksi Anda terhadap kecepatan dalam mengerjakan pekerjaan berhitung. Namun tentu saja efeknya tidak segera terjadi, setidaknya butuh 35 menit untuk menetralkan kondisi otak setelah bangun tidur. 
  3. Tidur siang selama 30 menit Awalnya Anda akan merasa mengantuk, namun selama 5 menit kemudian, Anda akan lebih waspada dan secara mental segar untuk waktu selama 90 menit. Tetapi tidur selama 10 menit lebih baik untuk menghindari efek tidak menyenangkan karena terlalu banyak tidur. 
  4. Tidur siang selama 45-90 menit Selama 45 – 90 menit, Anda menuju kea rah tidur nyenyak, namun tanpa menyelesaikansiklus tidur dengan lengkap, (tubuh anda akan terasa lebih tidak enak setelah bangun tidur, dibandingkan sebelum tidur)
  5. Tidur siang 90 – 110 menit Waktu tidur tersebut melebihi rata – rata siklus tidur, atau melebihi waktu tidur siang yang ideal, biasanya jika Anda tidur siang dengan waktu tersebut, ketika terbangun kepala agak pusing di bandingkan sebelum tidur siang. 

Selain info di atas kami juga akan memberitahukan mengenai kebutuhan tidur siang per tahapan usia menurut Buku Asia Sleep Fack Book sebagai berikut:

  1. Bayi 0 – 6 bulan waktu tidur siangnya 3,5 jam 
  2. Bayi 6 – 9 bulan waktu tidur siangnya 3 jam 
  3. Bayi 9 – 12 bulan waktu tidur siangnya 2,7 jam 
  4. Anak 12 – 15 bulan waktu tidur siangnya 2,5 jam 
  5. Anak 15 – 18 bulan waktu tidur siangnya 2,4 jam 
  6. Anak 18 – 21 bulan waktu tidur siangnya 2,2 jam 
  7. Anak 21 – 24 bulan waktu tidur siangnya 2 jam 
  8. Anak 24 – 36 bulan waktu tidur siangnya 1,9 jam 
  9. Anak 36 – 48 bulan waktu tidur siangnya 1,7 jam\ 
  10. Anak 48 – 60 bulan waktu tidur siangnya 1,6 jam 
  11. Anak 60 – 72 bulan waktu tidur siangnya 1,5 jam 

Demikian info kesehatan yang bisa kami berikan mengenai Manfaat Tidur Siang semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Baca juga info kesehatan lainnya yang penting untuk dibaca mengenai kutu air, terima kasih.