Jumat, 05 Oktober 2012

Mengatasi Penyakit Gondok

Info Kesehatan kali ini mengenai Penyakit Gondok, pada umumnya penyakit yang satu ini menyerang para penderitanya yang memiliki kadar yodium yang sangat minim sehingga menyebabkan suatu kelenjar membesar. Ada dua jenis penyakit gondok yaitu gondok biasa dan gondok beracun. Gondok biasa adalah pembesaran kelenjar tiroid, yaitu kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di bawah pangkal tenggorokan (depan leher), sedangkan gondok beracun (hipertiroid) adalah penyakit gondok biasa yang tidak diobati sehingga lama kelamaan menjadi gondok beracun.

Penyebab Penyakit Gondok 

Penyakit gondok disebabkan oleh ganguan pada kelenjar tiroid sehingga tidak dapat mensekresikan hormon tiroid sesuai dengan kebutuhan tubuh. Selain itu penyakit gondok juga terjadi karena kekurangan kadar yodium yang menyebabkan penyakit gondok bersifat endemik.

Adapun gejala penyakit gondok biasa yaitu:

  1. Terjadi pembengkakan pada kelenjar ludah 
  2. Mulut terasa tegang dan nyeri, terutama saat mengunyah dan menelan makanan 
  3. Selera makan menjadi berkurang 
  4. Sering merasa mual bahkan sampai terjadi muntah yang berulang kali 
  5. Suhu badan menjadi tinggi 
  6. Seringkali merasakan dengungan ditelinga. 

Jika sudah masuk kategori Gondok beracun selain gejala di atas, sipenderita juga akan mengalami keringat dingin, mata menonjol, jantung sering berdebar-debar dan selalu cemas.

Cara mencegah Penyakit Gondok

  1. Penyakit Gondok timbul akibat dari kekurangan yodium, maka langkah utama untuk mencegah penyakit ini adalah dengan mengkonsumsi garam yang mengandung yodium tinctura (larutan yodium dalam alkohol). 
  2. Mengkonsumsi ganggang laut yang dicampurkan pada makanan serta mengkonsumsi seafood (seperti kepiting, kerang, ikan laut dll) juga dipercaya bisa mencegah penyakit gondok. 
  3. Hindari makanan yang dapat mengurangi hormone tiroksin, seperti kol, kacang kedelai, kacang tanah, kacang polong, bayam dan stroberi. 

Selain cara mencegah penyakit gondok kami juga akan memberikan info mengenai cara pengobatan penyakti gondok. 

  1. Untuk Gondok biasa konsumsilah garam yodium atau makanan yang mengandung yodium dengan dosis dan takaran yang tepat. 
  2. Jika benjolan gondok sudah merupakan penyakit lama dan bentuknya keras, maka salah satunya jalan yang bisa di tempuh yaitu dengan cara pembedahan atau operasi untuk mengambil benjolan tersebut.
  3. Jika penyakit gondok masuk dalam katagori beracun atau hipertiroid konsumsilah obat PTU, karena obat tersebut berfungsi untuk menghentikan hormone tiroid ke dalam darah dan akan berpengaruh ke jantung. Dan konsultasi pada Dokter secara intens tentang penyakit Anda ini. 

Demikianlah info kesehatan mengenai Penyakit Gondok kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi seluruh pembaca. Info kesehatan menyediakan info menarik lainnya yang penting untuk dibaca, yaitu mengenai penyebab terjadinya kutu air, terima kasih.