Kamis, 04 Oktober 2012

Penyakit Kuning

Info kesehatan kali ini mengenai Penyakit Kuning. Penyakit kuning adalah penyakit yang disebabkan oleh adanya perubahan warnah kulit, sclera (bagian putih pada mata) dan juga kelenjar ludah yang disebabkan oleh meningkatnya bilirubin pada tubuh manusia. Jika kadar bilirubin dalam tubuh melebihi kapasitas normal, maka bilirubin akan memecah dan bercampur dengan darah kemudian akan mempengaruhi perubahan pada warna kulit dan mata hingga menjadi kekuningan. 

Penyakit kuning jarang ditemukan disekitar kita karena wabah ini jarang menyerang orang dewasa, umumnya penyakit kuning lebih sering menyerang bayi yang baru lahir atau balita. Namun info kesehatan kali ini akan menerangkan penyakit kuning secara luas baik penyakit kuning pada orang dewasa maupun bayi atau balita.

Ciri – ciri penyakit kuning:

  1. Adanya perubahan pada warna kulit dan warna putih pada mata terlihat kekuningan 
  2. Meningkatnya kadar bilirubin yang mencapai 2-3mg/dL 
  3. Meningkatnya kadar billirubin akan mempengaruhi kerja organ hati sehingga menyebabkan air kemih menjadi kekuningan dengan bau yang cukup tajam. 

Berikut sedikit ulasan dari fungsi dan tugas organ hati:

  1. Organ hati berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan terutama yang mengandung gula, lemak dan sedikit protein. 
  2. Tempat pembuatan protein plasma (darah) dan zat pembeku darah 
  3. Membuat cairan empedu yang sangat membantu sebagai zat pencerna dan sel-sel darah merah yang sudah rusak 
  4. Tempat untuk membuang dan memusnakan racun serta membentuk sel-sel darah merah pada bayi yang masih dalam kandungan.

Jika penyakit kuning menyerang orang dewasa umumnya dari banyak kasus yang didapat disebabkan oleh kegemaran mengkonsumsi alkohol dalam jumlah yang cukup banyak sehingga menyerang organ hati sehingga akan meningkatkan kadar billirubin dalam tubuh. 

Sedangkan pada bayi penyakit kuning terjadi bila bilirubin dalam darah bayi melewati batas normal, dalam keadaan normal nilai bilirubin kurang dari 10 Ml/l. Yang menyebabkan tingginya kadar bilirubin pada bayi adalah: 

  1. Bayi baru lahir, fungsi hatinya belum berjalan 100% 
  2. Bayi kurang mendapat sinar matahari pagi antara pukul 7.00 – 08.30 
  3. Golongan darah bayi dan ibu berbeda 
  4. Pada saat hamil ibu sering mengkonsumsi jamu-jamuan. 

Penanggulangan penyakit kuning pada bayi: 

  1. Penyakit kuning normal pada bayi biasanya bisa diatasi dengan sering menjemur bayi dibawah sinar matahari pagi. 
  2. Untuk bayi yang memiliki bilirubin tinggi maka dapat dilakukan penanganan menggunakan fototerapi hingga transfusi darah. 
  • Fototerapi Metode ini adalah terapi umum yang dilakukan bagi bayi yang mengalami penyakit kuning. Mata bayi diberi pelindung khusus, kemudian bayi ditempatkan di boks khusus yang diberi lampu berwarnah biru, bayi yang menjalani terapi ini umumnya sebisa mungkin tidak menggunakan pakaian guna memperbesar terkenanya sinar pada seluruh permukaan kulitnya. Lampu yang mengeluarkan cahaya biru ini akan membantu menghilangkan bilirubin. Fototerapi tidak membahayakan bagi bayi, jika bayi mengalami dehidrasi maka cairan akan diberikan melalui infuse. 
  • Tranfusi darah Terapi ini jarang dilakukan, dan biasanya dilakukan pada kasus yang memiliki kadar bilirubin yang mencapai tingkat serius. Darah bayi akan diambil dan kemudian digantikan dengan darah tranfusi dengan jumlah yang sama. 

Demikian info kesehatan kali ini semoga bermanfaat. Info mengenai manfaat daun sirsak penting juga untuk dibaca.