Senin, 01 Oktober 2012

Penyakit Tipes dan Gejalanya

Penyakit tipes merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella enteric, khususnya turunan dari Salmonella Typhosa. Bakteri ini masuk kedalam mulut karena tertelan lewat makanan atau minuman tercemar. Bakteri ini kemudian bersarang di usus halus, lalu menggerogoti dinding usus, jika kondisi ini dibiarkan, usus bisa luka dan sewaktu-waktu tukak tipus bisa jebol dan usus jadi bolong. Info kesehatan kali ini akan membahas Gejala penyakit tipes, Pantangan makanan penyakit tipes dan Pengobatan pasca terkena penyakit tipes.

Gejala penyakit tipes antara lain:

  1. Demam lebih dari seminggu, siang hari biasanya terlihat segar namun menjelang malam hari demam tinggi. 
  2. Lidah kotor, bagian tengah berwarnah putih dan pinggirnya merah. biasanya lidah terasa pahit dan cenderung ingin makan yang asam-asam atau pedas 
  3. Mual sampai muntah, bakteri Salmonella typhi berkembang biak di hati dan limpa, akibatnya terjadi pembengkakan dan akhirnya menekan lambung sehingga terjadi rasa mual. 
  4. Diare, sifat bakteri yang menyerang saluran cerna menyebabkan gangguan penyerapan cairan yang akhirnya terjadi diare, namun dalam beberapa kasus justru terjadi konstipasi (sulit buang air) 
  5. Lemas, pusing, dan sakit perut, demam yang tinggi menimbulkan rasa lemas, pusing, terjadinya pembengkakan hati dan limpa menimbulkan rasa sakit perut. 
  6. Pingsan, penderita umumnya lebih merasakan nyaman dengan berbaring tanpa banyak bergerak, namun dalam kondisi yang parah seringkali terjadi gangguan kesadaran. 

Adapun pantangan makanan untuk penyakit tipes yaitu:

  1. Sayur – sayuran serat (bayam, kangkung, dll) 
  2. Makanan pedas (cabe dan merica) 
  3. Pada lima hari pertama buah-buahan juga tidak diperkenankan, kecuali air jeruk yang diminum sesudah makan. 

Penyakit ini tidak terlalu parah yang sangat dibutuhkan adalah istirahat total selama beberapa minggu bahkan bulan. Bagi orang yang sangat aktif, hal ini sangat sulit untuk dilakukan. Selain istirahat yang cukup hal yang perlu diperhatikan pasca terkena penyakit tipes adalah sebagai berikut:
  • Pola makan yang benar, misalnya harus lunak, memakan makanan lunak sampai batas yang telah ditentukan dokter, kemudian makan makanan berminyak, pedas, asam, spicy hindari. 
  • Kurangi kegiatan yang terlalu menguras tenaga. 
  • Untuk menjaga stamina bisa diberikan kapsul tapak (sesuai Dokter)

Demikianlah info kesehatan kali ini mengenai penyakit tipes, dengan info yang kami berikan dapat menambah pengetahuan kita tentang penyakit tipes. Baca juga info kesehatan lainnya mengenai manfaat daun sirsak. Terima kasih.