Kamis, 22 November 2012

Mengatasi Mata Lelah Akibat Komputer

Mata merupakan salah satu indra yang paling penting dan berharga. Tapi kadang kita memperhatikan kalau mata itu perlu juga istirahat karena mata juga pasti mengalami kelelahan sama halnya tubuh kita jika terus bekerja maka kita merasakan kelelahan. Hampir setiap orang mengalami mata lelah diakibatkan terlalu lama didepan komputer, dan itu merupakan salah satu faktor mata kita lelah.

Mata yang terlalu lama didepan komputer akan mengakibatkan penglihatan jadi kabur, sakit mata atau kemerahan di mata. Jika hal itu terjadi, sebaiknya untuk memeriksakan diri atau konsultasi pada dokter mata Anda.

Untuk itu info kesehatan kali ini akan membagi kepada pembaca bagaimana cara mengatasi mata lelah akibat komputer.  

  1. Istirahat sejenak. Jangan paksakan mata kita bekerja terus didepan komputer sepanjang hari. Biarkan mata kita untuk istirahat beberapa menit, agar mata kita terasa nyaman. Kalau perlu tutup mata Anda sejenak, jika Anda memakai kacamata agar supaya melepasnya dulu. Bersantai dan tarik napas dalam-dalam. Hanya untuk beberapa menit agar mata Anda benar-benar istirahat. 
  2. Hindarilah pekerjaan rumah beberapa menit ketika Anda sampai dirumah. Jika Anda pekerja kantoran, biasanya kebanyakan bekerja didepan komputer. Pada saat Anda pulang dari rumah agar tidak langsung melakukan aktifitas seperti membuka email, laptop, atau melihat ponsel bahkan membaca majalah ataupun koran. Biarkan mata Anda istirahat selama sekitar 1 jam. 
  3. Mengubah pencahayaan. Dengan cara demikian merupkan cara yang terbaik. Cahaya lembut yang tidak terlalu terang atau terlalu intens, tetapi masih menyinari dengan pas akan membuat mata Anda terasa nyaman. Untuk itu cobalah redupkan cahaya, atau menyalakan lampu kecil, bukan lampu utama. Rasakan bagaimana reaksi mata Anda sesudahnya, jangan sampai merusak mata akibat cahaya yang terlalu sedikit atau terlalu banyak. 
  4. Berkedip. Kita sedikit berkedip ketika kita sedang melakukan pekerjaan yang intens dan akibatnya, kita jarang sadar bahwa mata kering. Istirahat sejenak akan sangat membantu, begitu juga berkedip, selaraskan mata Anda dan rasakan bagaimana mereka terasa sesudahnya. Jika mata terasa kering, tutuplah mata atau jika masih tidak cukup, gunakan tetes mata. 
  5. Pijat. Ketika kita bekerja di depan layar komputer otot dahi kita akan menjadi sangat tegang dan cobalah luangkan beberapa menit memijat kepala, alis dan leher. Jika ada orang yang bisa memijat Anda, itu akan sangat membantu meringankan tekanan.

Demikianlah beberapa cara mengatasi mata lelah, mudah-mudahan info yang kami berikan dapat membantu dalam mengatasi masalah menyangkut mata Anda. Baca juga info kesehatan lainnya mengenai penyakit angin duduk.