Penyakit Mata Ikan

Mungkin Anda sering mendengar penyakit mata ikan. Penyakit mata ikan atau biasa dengan istilah medisnya klavus merupakan penyakit biasa timbul di permukaan kaki dan sela-sela kaki. Sebenarnya penyakit ini tidak berbahaya cuma akan merusak penampilan seseorang dan terkadang menyebabkan rasa nyeri yang sangat mengganggu.

Penyakit mata ikan ini disebabkan oleh tekanan dan gesekan secara terus menerus. Kadang juga penyakit ini disebabkan karena ukuran sepatu yang digunakan tidak pas atau sempit sehingga menimbulkan mata ikan. Penyakit mata ikan bisa juga timbul pada penderita diabetes yang disebabkan kelainan saraf pembuluh darah.

Pada penderita diabetes, resiko terkena komplikasi akibat penyakit mata ikan lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mengidap diabetes. Jika Anda ingin menghilangkan mata ikan, dan Anda merupakan penderita diabetes, maka dianjurkan untuk konsultasikan terlebih dahulu pada dokter sebelum Anda melakukan tindakan terhadap mata ikan tersebut. Karena sekalipun mata ikan itu hanya luka kecil, namun bisa berubah menjadi borok yang sangat sulit untuk disembuhkan.

Untuk mencegah mata ikan timbul, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah memakai alas kaki dengan bantalan telapak kaki yang baik dan yang sesuai dengan ukuran kaki Anda. Disarankan pada saat Anda memilih alas kaki sebaiknya dilakukan pada siang hari. Mengapa demikian? Karena disaat waktu itulah kaki berada pada ukuran yang sebenarnya.

Dan apabila mata ikan sudah terlanjur timbul, maka solusi yang dianjurkan oleh dokter adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi ketebalan kulit dengan mengoleskan krim asam salisilat. 
  • Cara lain untuk menghilangkan mata ikan adalah dengan injeksi steroid.
  • Jika cara diatas tidak bisa maka langkah untuk mengatasinya dengan cara melakukan pembedahan guna mengiris dan menipiskan mata ikan tersebut

Demikianlah info mengenai penyakti mata ikan, mudah-mudahan info yang kami berikan memberikan solusi buat kita semua. Baca juga info kesehatan lainnya mengenai 7 cara melangsingkan badan, terima kasih.