Penyebab Rambut Rontok

Rambut rontok bukan masalah yang baru lagi, ini sering terjadi setiap orang baik pria maupun wanita. Apa jadinya jika tiap hari rambut kita berguguran dalam jumlah yang banyak, bisa-bisa akan menyebabkan kebotakan. Sebelum hal itu terjadi, ada baiknya untuk mengetahui penyebab rambut rontok.

Kerontokan pada rambut dipengaruh beberapa faktor diantaranya adalah sebagai berikut:

Kondisi Medis
Rambut rontok sehingga terjadi kebotakan biasa terjadi akibat terlalu sering mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Entah obat itu digunakan untuk keperluan tertentu atau sesuatu lain hal. Namun ada baiknya untuk berkonsultasi pada dokter tentang masalah yang kita hadapi supaya dokter bisa menjelaskan obat yang mana baik dikonsumsi dan cocok buat kita. Kebotakan juga terjadi disebabkan oleh beberapa penyakit tertentu seperti diabetes atau lupus. Ada beberapa jenis infeksi yang bisa terjadi pada bagian kulit kepala sehingga menyebabkan rambut rontok dalam jumlah banyak dan waktu yang singkat.

Kehamilan
Rambut rontok kadang juga dialami pada masa kehamilan. Itu disebabkan karena tubuh wanita mengalami banyak proses gangguan selama kehamilannya, belum lagi tingginya hormon yang dihasilkan oleh tubuh. Tanpa disadari pula kebanyakan wanita saat dia hamil tidak sadar kalau rambutnya rontok dalam jumlah yang banyak. Tapi kerontokan rambut pada masa kehamilan sifatnya sementara dan hanya terjadi pada saat hamil.

Keturunan
Permasalahan rambut rontok selanjutnya yaitu faktor keturunan. Kebanyakan orang mengalami rambut rontok diakibatkan faktor genetik. Mungkin dari sejarah keluarga kita ada yang mengalami kebotakan? Untuk itu cari tahu supaya kita bisa mengatasi sejak dini. Penelitian membuktikan bahwa rambut rontok disebabkan karena kekurangan hormon dihidrotestosteron (DHT) yang salah satu perannya adalah membantu pertumbuhan rambut. Untungnya, masalah ini dapat ditanggulangi oleh sampo khusus yang bisa didapat dengan resep dokter.

Stres
Jangan biarkan diri Anda stres, karena stres adalah salah satu penyebab rambut rontok. Biasanya stres datang disebabkan lelah karena pekerjaan, oleh karena itu usahakan untuk istirahatkan tubuh kita supaya pikiran dan tubuh kita bisa kembali dalam keadaan seperti semula atau kembali segar lagi. Manjakanlah diri anda dengan menenangkan pikiran Anda.

Untuk lebih jelasnya sebaiknya konsultasikan pada dokter spesialis tentang permasalahan rambut rontok yang Anda hadapi. Karena dengan cara demikian, Anda akan mendapatkan lebih jelas mengenai penyebab terjadinya rambut rontok.

Demikianlah info mengenai penyebab rambut rontok, apa yang kami berikan dapat memberikan manfaat buat kita semua. Silahkan baca juga info kesehatan lainnya tentang Penyakit TBC.