Sabtu, 26 Januari 2013

Tips Cara Merawat Rambut Agar Tetap Sehat

Merawat rambut agar tetap sehat dan kuat bisa Anda lakukan secara sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami tanpa harus pergi ke salon yang memakan biaya cukup mahal. Belum lagi antriannya saat di salon, itu membuat kita jadi boring dan bosan untuk menunggu. Bahan-bahan alami yang digunakan tentunya akan memperbaiki rambut yang rusak.

Berikut ini tips bagaimana cara merawat rambut berdasarkan jenis rambut masing-masing:

Rambut Normal
Perawatan untuk rambut normal itu bisa Anda lakukan dengan mengambil secangkir bubuk Amla atau KLSLM, itu bisa Anda dapatkan ditoko-toko kosmetik. Campurkan bubuk Amla atau KLSLM tadi dengan dua sendok minyak jarak dan satu telur, aduk hingga rata. Lalu oleskan campuran tersebut pada rambut sampai kulit kepala. Diamkan selama 30 menit kemudian bilas dan keramas.

Rambut Berminyak
Untuk rambut berminyak ramuannya bisa Anda buat sendiri dengan membuat campuran satu sendok makan jeruk nipis dengan satu cangkir bubuk henna. Untuk hasil yang maksimal tambahkan satu putih telur. Campuran yang telah menyatu di oleskan secara merata pada rambut Anda. Diamkan kurang lebih setengah jam lalu bilas dan bersihkan dengan shampo. Pada saat Anda membilasnya sebaiknya menggunakan air hangat, lakukan hal tersebut satu hingga dua kali dalam seminggu.

Anda juga boleh mengoleskan dengan menggunakan minyak zaitun terutama dibagian ujung dan tengah rambut, tapi jangan dilakukan secara terus menerus cukup sesekali saja.

Rambut Kering
Bagi yang mempunyai jenis rambut kering untuk senangtiasa menggunakan Kondisioner setelah keramas. Atau membuat ramuan yang biasa disebut campuran Multani Mitti yang bahannya terdiri dari 2 sendok tepung, 1 sendok susu mentah, 6 tetes air jeruk nipis dengan beberapa tetes minyak zaitun. Bahan tersebut dicampur jadi satu, tambahkan satu kuning telur dan dua sendok makan minyak kelapa. Oleskan campuran tersebut pada rambut anda lalu diamkan selama 30 menit, bersihkan dengan menggunakan shampo.

Rambut Rontok
Santan segar yang dihasilkan dari satu buah kelapa tua dapat mengatasi rambut rontok. Caranya, pijat akar rambut dengan santan secara merata diamkan kurang lebih antara 15 hingga 20 menit, setelah bilas dan keramas.

Rambut Ketombe
Inilah yang paling sering di alami setiap orang mengenai masalah rambut ketombe. Untuk rambut berketombe sebaiknya menggunakan shampo secara terpisah dengan kondisionernya. Kondisionernya hanya dipakai pada ujung rambut yang berguna mencegah rambut rontok dan kering.

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk rambut berketombe dengan mencampur satu jus lemon dengan dua sendok minyak kelapa. Rambut di pijat hingga ke akarnya, lakukan secara teratur. Kemudian cuci dengan air hangat biarkan selama 3 sampai 4 jam atau untuk hasil yang maksimal biarkan sampai semalaman, kemudian cuci rambut dengan bersih.

Mudah-mudahan tips yang kami berikan dapat membantu dalam mengatasi masalah rambut Anda. Demikian info tips cara merawat rambut semoga bermanfaat, terima kasih.